Cara Mengatasi Kulit Sofa Yang Terkupas

Cara Mengatasi Kulit Sofa Yang Terkupas

Sofa – Kulit, baik asli ataupun sintetis, menjadi salah satu bahan pelapis sofa favorit. Hal ini tak lepas dari karakternya yang mewah serta sifatnya yang mudah dibersihkan.
Membersihkannya  dengan pelapis dari bahan kulit memang relatif lebih mudah daripada bahan lain seperti kain. Noda yang timbul cukup dilap dengan air ataupun cairan pembersih khusus. Padahal demikian, bukan berarti bahan kulit tak mempunyai dilema.
Warna yang memudar ditambah serat-serat yang timbul karena friksi menjadi dilema utamanya. Pun tak jarang kulit pada sofa mengelupas sampai menimbulkan retakan.

Seandainya sudah semacam ini, sebagian orang mungkin berdaya upaya untuk menggantinya dengan yang baru. Tepi sebenarnya dapat dilakukan yang ini sebagai berikut :

1. Periksa spot yang mengelupas

Sebelum memulai pembenaran, cari spot mana saja yang mengalami pengelupasan atau sudah retak. Untuk memudahkan proses penambalan, kasih pedoman dengan selotip kecil di tiap-tiap spot kerusakan.

2.Membersihkan sofa

Berikutnya, bersihkan area di sekitar kerusakan dengan kain putih dengan serat yang halus yang sudah dibasahi dengan air. Anda juga dapat menggunakan tisu berair menandung alkohol atau larutan khusus pembersih sofa kulit.

Seandainya sofa kulit anda mulai ditumbuhi jamur, semprotkan bahan pembersih jamur alami yakni campuran antara cuka dan air. Namun anda cuma perlu menyemprot sedikit saja dan lap secara pelan, agar cairan tak terserap oleh bahan kulit tersebut. Tujuan bersih-bersih ini yakni untuk menentukan warna asli dari sofa kulit, sehingga Anda dapat menyesuaikan warna yang layak saat reparasi. Setelah dibersihkan, biarkan sofa sebagian menit agar benar-benar kering.

Bahan yang diperlukan
1. Cat khusus kulit dengan warna layak
2. Setrika
3. Kertas atau paper bag polos

Cara yang harus dilakukan :

Pertama, Siapkan setrika dan atur temperatur panas yang cukup
Kedua, Oleskan sedikit cat kulit pada bagian yang mengelupas atau retak dengan spatula kecil. Ratakan agar tipis dan menyeluruh sehingga warna menyatu dengan baik. Usahakan warna benar-benar melebur layak warna asli.
Ketiga, letakkan kertas atau paper bag warna cokelat yang mudah didapatkan dari toko bakery atau kedai kopi.
Keempat, Langkah keempat Tempatkan setrika yang sudah panas di atas kertas tersebut. Ingat, ukuran kertas harus lebih besar dibanding lapisan bawah setrika.
Kelima, Tekan setrika secara pelan agar cat kulit yang sudah dioles pada sofa meresap dengan baik. Ulangi hal yang sama pada spot lain yang bermasalah. Dan, lihat! Retak dan pengelupasan yang selama ini mengganggu hilang langsung.

Ada hal yang harus diperhatikan :
1. Jangan langsung meletakkan setrika pada kulitnya  tanpa alas. Untuk mencegah kerusakan serius gunakan kertas sebagai alasnya.
2. Teknik pembenaran yang sama juga dapat diterapkan untuk membenarkan keretakan dan bekas tusukan pada sofa berbahan kulit imitasi dan campuran.

Nah itulah sebagian kiat menuntaskan jika sofa terkupas. Namun bagi anda yang tak berharap ribet dan sedang membutuhkan jasa service sofa kami pastikan untuk memilih tempat yang tepat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan