Cara mengganti kain pelapis sofa sendiri

Cara mengganti kain pelapis sofa sendiri

Kain pelapis sofaSofa secara umum bisa diartikan sebagai bangku panjang yang memiliki lengan dan sandaran, berlapis busa dan upholstery (kain dan kulit pelapis). Istilah sofa berasal dari kata sopha yang memiliki arti sebagai daerah duduk seperti dipan (daerah tidur). Sebelum Anda mempertimbangkan untuk membuang sofa lama, sebaiknya pikirkan untuk mengerjakan pergantian kain covernya saja. Sebab, bisa jadi cuma cukup dengan mengganti kain sofa tampilan sofa Anda akan seperti baru lagi. Tak wajib dengan membeli barang baru yang bisa dipastikan lebih mahal.
Ini menjadi penting karena penggantian sofa tentunya tidak semurah biaya ganti kain sofa bukan? Dari sisi ini Anda tentu akan lebih diuntungkan dan anggaran yang ada bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lainnya.

Bagi beberapa orang, mengganti kain sofa mungkin satu hal yang susah. Tetapi kenyataannya, jika Anda mau bersabar dan mau bertanya pada ahlinya, tentu mengganti kain sofa sendiri bisa Anda lakukan. Kecuali hasil yang diharapkan bakal layak, Anda juga akan puas karena sudah bisa mengerjakan hal baru.

Cara Mengganti Kain Sofa Sendiri

Meski terbilang mudah, rupanya memasang kain sofa tidak semudah yang dibayangkan. Anda wajib memperhatikan beragam hal yang terkait dengan cara kerja pemasangannya. Kian Anda memahami seluk beluk sofa karenanya semuanya akan semakin mudah.
Oleh karena itu, sebelum Anda mengerjakan pergantian pada kain sofa, ada beberapa hal yang wajib dilihat supaya hasil yang diharapkan bisa optimal. Sebagian hal ini juga turut mewujudkan sofa konsisten nyaman saat digunakan serta berumur lebih panjang dan memiliki tampilan yang konsisten ‘kece’.

1. Rangka furniture

Halnya pertama yang wajib Anda perhatikan saat akan mengganti kain sofa adalah memperhatikan situasi rangkanya. Rangka adalah komponen yang cukup vital dari sebuah sofa.
Sofa yang sudah lama digunakan tentunya rangka penyusunnya juga berubah. Anda wajib teliti dengan jitu bagaimana situasi rangka sofa Anda secara menyeluruh.
Kalau situasi rangka sudah terlalu rusak, mengganti kain sofa menjadi percuma dilaksanakan karena sofa akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Oleh karenanya pertama-tama yang wajib Anda lakukan adalah mengecek situasi rangka sofa apakah perlu diganti terlebih dahulu atau tidak.

2. Jahitan kain pelapis

Pada beberapa jenis sofa ada yang menggunakan cara jahitan berbeda. Ada cara Jahitan mati dan jahitan lazim.
Pada jahitan mati, Anda cukup segera melapiskan bahan baru yang hendak Anda pasang pada sofa. Meski pada jahitan lazim, Anda perlu melepas keseluruhan kain sofa yang sudah lama hal yang demikian supaya akibatnya bisa optimal.
Pentingnya memperhatikan teladan jahitan pada sofa juga nantinya turut berperan memunculkan kesan estetis dan tidaknya. Akan lebih baik jika Anda mengerti mana yang wajib dibagaimanakan.

3. Lapisan busa

Ketika Anda mengungkap sofa akan nampak lapisan busa komponen dalam. Pada sofa lama, lapisan busa biasanya sudah kempis dan tidak mau mengembang lagi.
Kalau busa sudah terlalu kempis, Anda bisa segera menggantinya. Tetapi, jika lapisan busa masih nampak baik, Anda cukup mengganti kain sofa dengan yang baru.

4. Lapisan cat

Lapisan cat atupun pernis pada sofa lama biasanya sudah pudar dan terkupas. Anda bisa mengerjakan cat ulang maupun pernis kembali pada furnitur hal yang demikian supaya nampak baru lagi. Pengecatan ulang sebaiknya Anda lakukan sebelum memasang kain sofa yang baru supaya kain tidak terkena cat.
Soal warna cat dan pernis yang pas, Anda bisa bertanya terhadap spesialis furniture. Tak terang sesuaikan tiap-tiap keperluan dengan sisi positif yang akan didapat.
Anda bisa menyesuaikan keperluan pembelian kain sofa dengan budget yang Anda miliki. Tak perlu khawatir, anggap saja itu seluruh sebagai bentuk investasi Anda untuk mendapatkan interior rumah yang lebih cantik dan elegan.

Nah itulah  keempat langkah di atas Anda terapkan, cara kerja mengganti kain sofa dengan yang baru pun sudah siap dilaksanakan. Kian teliti Anda mengerjakan empat hal di atas, semakin baik pula hasil yang akan didapat.

jika tidak mau kerepotan segera saja di Virra Service Sofa yang adalah jasa service sofa panggilan dan reparasi sofa Bandung Profesional. Kami siap membenarkan beragam jenis sofa dengan bahan yang berkualitas dan bendung lama. Kami jamin sofa Anda akan kembali baik dan sedap digunakan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Close Menu