Wisata Eksotis di Bandung

Wisata Eksotis di Bandung

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu Adalah salah satunya tempat wisata alam yang paling populer di teritori Cikole, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Bila kita mengulas mengenai Gunung Tangkuban Perahu ini tentu saja tidak lepas dengan narasi yang telah menjadi legenda dalam masyarakat, yakni legenda Sangkuriang. Menurut narasi rakyat di tempat nama Tangkuban Perahu terkait dengan legenda Sangkuriang, yang diceritakan jatuh hati ke ibunya, Dayang Sumbi. Tempat Rekreasi Untuk gagalkan kemauan anaknya menikah dengannya, Dayang Sumbi ajukan persyaratan, diantaranya Sangkuriang harus membuat perahu dalam tadi malam.

Waktu mengetahui upayanya untuk penuhi persyaratan itu tidak berhasil, Sangkuriang geram dan menyepak perahu itu, hingga landing pada kondisi kebalik. Perahu berikut yang selanjutnya membuat Gunung Tangkuban Parahu. Gunung yang mempunyai ketinggian + 2.048 Mdpl ini adalah gunung berapi aktif dan masih sering kali aktif. Dan terdaftar paling akhir aktif kembali yakni seputar tahun 2015. Dan mempunyai beberapa kawah, dan yang paling populer salah satunya yakni

Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah kawah yang terbesar dan elok teritori Tangkuban Perahu. Anda akan mendapati satu prasasti di pelataran parkirkan. Disamping itu, disini anda bisa menyaksikan pemandangan Kawah Ratu. Kelihatannya benar-benar gampang menuruni kawah ini tetapi pengunjung tidak boleh untuk turun ke bawah. Gas beracun di kawah itu benar-benar beresiko. Dan saya merekomendasikan supaya anda bawa masker.

Kawah Domas

Jarak Kawah Domas dan Ratu benar-benar tidak jauh. Sayang, kawah ini sedikit dikunjungi pengunjung. Pemicu Kawah Domas jarang-jarang didatangi kemungkinan sebab papan namanya begitu kecil hingga tidak nampak. Mungkin saja sebab panoramanya tidak semenarik Kawah Ratu. Tetapi, Kawah Domas menjadi pilihan ke-2 arah rekreasi di Tangkuban Perahu. Walau tidak seramai Kawah Ratu, kawah ini memiliki sumber air panas yang berguna untuk mengobati penyakit kulit. Dan di sini anda dapat rebus telor langsung di kawahnya.

Kawah Upas

Pengin menyaksikan eksotisnya lembah dan beberapa pohon kayu yang mati? Coba tiba ke Kawah Upas. Kamu dapat nikmati keelokan Tangkuban Perahu dari segi Kawah Upas. Jalan ke arah tempat ini gampang sebab tak perlu mendaki. Jika pengin berkunjung Kawah Upas, kamu bisa lewat lajur Parongpong. Perjalanan yang akan kamu menempuh lebih kurang tiga jam. Tetapi, tidak boleh cemas, perjalanananmu tentu berasa membahagiakan sebab melalui bentangan perkebunan teh yang memikat.

Di teritori ini anda dapat lakukan bermacam jenis aktivitas rekreasi, dimulai dari sekedar hanya berpose atau sekedar hanya nikmati keelokan kawahnya dari jarak dekat. Atau anda bisa juga jalan-jalan melingkari seputar teritori rekreasi alam ini, apabila anda tidak mau Capek dengan berjalan kaki di teritori rekreasi ini banyak pula yang tawarkan layanan menunggang kuda. Dan anda tak perlu hawatir bila tidak dapat menunggang kuda Sebab tentu saja di bimbing oleh yang si pawang jadi ditanggung aman.

Bila anda pengin beli souvenir untuk oleh-olehan anda bisa juga belanja di kios-kios yang berada di seputar teritori ini, Sebab di seputar kawah ratu banyak kios-kios yang jual dimulai dari acsesoris serba serbi ciri khas Tangkuban Perahu. Di teritori ini telah ada sarana-fasilitas seperti Toilet, Mushola dan Kantor Polisi.

Jalur dan Akses

Akses ke arah Tempat Rekreasi alam ini lumayan gampang, bila anda dari kota Jakarta anda dapat pilihih dua jalur yakni arah tol Pasteur dan lajur Subang.

Jakarta Lajur Pasteur

Bila anda pilih jalan Pasteur Tol Jakarta – Cikampek -> Tol Purbaleunyi ->xit Pasteur ->Terusan Pasteur (Dr. Djunjunan) -> Jalan Pasirkaliki -> jalan Setiabudhi -> Jl. Raya Lembang -> Jl. Tangkuban Parahu -> Gerbang Atas -> Tangkuban Perahu.

Jakarta Lajur Subang

Jakarta – Cikampek -> Purbaleunyi -> Exit Sadang -> Sadang -> Purwakarta -> pasawahan -> Wanayasa -> Sagalaherang -> Jalan cagak -. Ciater -> Gerbang Atas -> Teritori rekreasi Tangkuban Parahu.

Kota Bandung

Anda tinggal ke arah arah jalan Setiabudhi -> Jl. Raya Lembang -> Jl. Tangkuban Parahu -> Gerbang Atas -> Tangkuban Perahu.

Ticket/Biaya Masuk

Sedang ongkos masuk di teritori rekreasi alam ini di gunakan biaya untuk Pelancong Indonesia sejumlah Rp. 25.000 (hari biasa), Rp. 30.000 (hari libur), Pelancong Asing Rp. 200.000 (hari biasa), Rp. 300.000 (hari libur), Sepeda Rp. 7.000, sepeda Motor Rp. 12.000, Mobil Rp. 25.000 dan Bis Rp. 110.000.

*) Harga bisa berbeda setiap saat

Tinggalkan Balasan